Pecinta Alam Mahasiswa MIPA (PALAPA)

Logo Pecinta Alam Mahasiswa MIPA (PALAPA)


Sejarah Berdirinya Pecinta Alam Mahasiswa MIPA (PALAPA)


PALAPA adalah salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang  ada di lingkungan Fakultas MIPA Universitas Jember. Organisasi ini bergerak dibidang kepecintaalaman yang dideklarasikan pada 4 Juli 2001 di Kawah Ijen Bondowoso. Organisasi serupa sebelumnya juga pernah didirikan pada 1997 saat berdirinya Fakultas MIPA oleh seorang pencetus yang bernama Suseno Edi W, tetapi entah  mengapa organisasi tidak dapat terbentuk. Walaupun Organisasi ini telah merekrut pendukung antara lain Ririn, Arianto, Bambang Edi S, Erman, Irjik, Charles, Fardian dan Agus jumini.

Pada tahun 1998 angkatan pencetus PALAPA yang bergabung dalam NUKLEUS berhasil membuat suatu gebrakan untuk mendirikan organisasi tetapi setelah terwujud organisasi tersebut fakum dan surat keputusan (SK) organisasi tidak dapat turun untuk yang kadua kalinya. Adapun nama-nama perintis tersebut antara lain Bambang Edi S, Bastomi, Erman, Roni, Agus Rahman, Arianto W dan lain-lain yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu. Ketua Umum yang saat itu yang berada ditangan Bambang Ei S dengan sekretaris Arianto tidak berhasil membawa membaawa NUKLEUS melejit dan eksist. Tetapi sempat NUKLEUS mengadakan pendakian ke gunung Ijen sebagai simbol bahwa organisasi yang mereka dirikan bergerak dalam bidang kepecintaalaman.

Pada tahun 2000 bulan Desember, beberapa angkatan mahasiswa baru seperti Adhitya Pratama N, Arie Tri Handoko, M Nuril Kholbi bergerak untuk mendirikan organisasi Pecinta Alam dilingkungan Fakultas MIPA dengan merekrut beberapa pendukung untuk mendirikan organisasi. Tetapi angkatan pencetus dan perintis organisasi pecinta alam (dalam hal ini NUKLEUS) tidak ingin adanya organisasi (Pecinta Alam) “tandingan” yang bernama PAKTA MIPA (Pecinta Alam Eksakta MIPA) yang coba didirikan oleh ketiga orang diatas atas dukungan para mahasiswa MIPA lain.

Perseteruan dan konflik antara angkatan pencetus dan perintis NUKLEUS dan para pendiri PAKTA MIPA tidak dapat dihindari, keduanya sama-sama mengklaim organisasi mereka yang betul. Akhirnya dengan bantuan pihak dekanat (pembantu dekan III) dan Senat Mahasiswa MIPA (SEMA MIPA) sebagai fasilitator sekaligus penengah perseteruan dan konflik ini diambil jalan tengah bahwa angkatan pencetus dan perintis NUKLEUS serta para pendiri PAKTA MIPA  bergabung dan berjalan bersama dalam satu organisasi Pecinta Alam. Pada tanggal 30 Juni 2001 tercapai kesepakatan,yaitu saudara A. Farid W sebagai koordinator pembentukan dan deklarasi Organisasi Pecinta Alam (OPA) Fakultas MIPA. OPA Fakultas MIPA tidak lagi bernama NUKLEUS atau PAKTA MIPA, dan diambil nama baru PALAPA (Pecinta Alam mahasiswa MIPA), dengan AD/ART yang telah ditetapkan pula. Kemudian para deklarator PALAPA mendeklarasikan berdirinya OPA Fakultas MIPA pada tanggal 4 Juli 2001 dikawah Ijen Bondowoso, dengan Ketua Umum Bambang Edi S dan sekretaris A. Farid W. Deklarator tersebut antara lain Bambang Edi S, A. Farid W, Arianto W, Adi K, Adhitya P.N, Arie T.H, Suseno Edi W, Aris Sulistiawan, Lina Purwati, Novi Diah, Hidayat, Yuli, Sony, Erman, Roni, Agus Rahman, Bastomi dan M. Nuril Kholbi. Mulai saat itulah resmi berdiri satu OPA Fakultas MIPA bernama PALAPA yang tetap eksist sampai saat ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Pecinta Alam Mahasiswa MIPA (PALAPA)"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel