Buku Materi Gunung Hutan

Gunung Hutan

Bagi sahabat bloger yang ingin mencari materi dari Gunung Hutan bisa di download ebooknya tersedia gratis disini. E-book ini berisi materi mengenai, Standart Safety Expedition (SSE), Bivak, Survival, Navigasi Darat, Search and Rescue (SAR), PPGD, dan masih banyak lagi. Berikut sekilas materi yang ada di dalam e-book ini:

Standart Safety Expedition (SSE) merupakan sebuah standart yang diperlukan ketika akan melakukan perjalanan di alam bebas maupun hutan. Dalam perjalanan di perlukan peralatan yang aman, nyaman dalam pembawaan serta tidak mengganggu ketika dalam perjalanan. Ketika perjalanan diusahakan membawa perbekalan yang mempunyai banyak kegunaan namun beratnya sangat minimum, atau yang biasa disebut dengan Maximum Utility In Minimum Weight. Selain itu juga ketika dalam melakukan expedisi hanya dianjurkan  membawa perlengkapan yang  bebannya tidak lebih dari 1/3 berat tubuh, karena jika membawa beban yang berlebih akan membahayakan bagi yang membawanya.  

Bivak merupakan tempat berlindung sementara dialam bebas.Bivak digunakan untuk melindungi diri dari cuaca yang kurang baik,binatang buas,maupun bahaya lainnya. Dapat berupa tenda,doom,maupun flysheet, namun,ada kalanya saat keadaan alam tidak mendukung maka kita terpaksa menggunakan barang-barang di sekeliling kita untuk digunakan sebagai bivak.Bivak ini dikenal sebagai bivak alam.Selain bivak alam,kita juga mengenal bivak buatan.Bivak ini lebih praktis,hanya saja diperlukan skill pemasangannya saja

Survival artinya sendiri terdapat berbagai macam versi, yang akan kita bahas di sini hanyalah menurut versi pencinta alam:
S: Sadar dalam keadaan gawat darurat
U: Usahakan untuk tetap tenang dan tabah
R: Rasa takut dan putus asa hilangkan
V: Vitalitas tingkatkan
I: Ingin tetap hidup dan selamat itu tujuannya
V: Variasi alam bisa dimanfaatkan
A: Asal mengerti, berlatih dan tahu caranya
L: Lancar, slaman, slumun, slamet

Navigasi adalah penentuan posisi dan arah perjalanan, baik di medan perjalanan atau di peta. Navigasi terdiri atas navigasi darat, sungai, pantai dan laut, namun yang umum digunakan adalah navigasi darat. Navigasi darat adalah ilmu yang mempelajari cara seseorang menentukan suatu tempat dan memberikan bayangan medan, baik keadaan permukaan serta bentang alam dari bumi dengan bantuan minimal peta, kompas, dan proktator.

Operasi SAR adalah suatu misi kemanusiaan yang bertindak dalam usaha penyelamatan jika terjadi suatu kecelakaan ataupun bencana dengan adanya suatu kerjasama dan koordinasi yang matang sehingga penyebarannya dapat terwujud sebagai suatu tundakan operasi yang serasi dan efektif. Dalam operasi SAR dibutuhkan personil yang mampu dan memenuhi kriteria sebagai tim SAR, selain juga mampu membaca medan dan menguasi tekniknya. Seorang tim SAR harus memenuhi kaidah yang baku serta tidak pamrih baik dari segi materi maupun jasa.

Pertolongan pertama merupakan pemberian pertolongan segera kepada penderita sakit/cedera yang memerlukan penanganan medis yang mendasar. Pelaku pertolongan pertama adalah orang yang pertama kali tiba di tempat kejadian. Pertolongan penderita gawat darurat merupakan suatu usaha tindakan pertama untuk mencegah/melindungi korban dari fungsi organ tubuh yang sangat penting artinya bagi kehidupan si korban bukan untuk memberikan pengobatan. Secara tegas hal tersebut dimaksudkan untuk mencegah terjadinyakematian dan menghindarkan dari cacat bila si korban dapat diselamatkan jiwanya. Penyebab utama kematian dari seorang penderita gawat darurat adalah gangguan pernapasan dan henti jantung, perdarahan serta syok (shock).

silahkan langsung saja download e-booknya disini

Download

jangan lupa sertakan komentarnya

Berlangganan update artikel terbaru via email:

7 Responses to "Buku Materi Gunung Hutan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel